fbpx

Mengenal Gejala Flu Singapura / Flu singapur!

Mengenal Gejala Flu Singapura / Flu singapur. Flu singapur (Hand, Foot and Mouth Disease) merupakan penyakit yang pada umumnya menyerang belita dan anak – anak. Penyakit ini tergolong penyakit ringan dan dapat disembuhkan dengan cepat. Kebanyakan orang salah paham dan menganggap penyakit Flu Singapura sebagai cacar, karena memang gejala – gejalanya sangat mirip. Sehingga berikut akan di jelaskan mengenai gejala – gejala dari Flu Singapura sehingga Anda dapat mengenal penyakit janis ini.

Flu Singapura di sebabkan oleh Virus dan dapat menular. Biasanya penyakit ini dapat di sebut sebagai HFMD singkatan dari bahasa inggris yang dapat menyerang kaki, tangan dan mulut. Namun terkadang penyakit Flu Singapura dapat menyarang hingga ke bagian pantat dan sekujur kaki.Pada tahun 2000an penyakit ini menyerang dan mewabah di Singapura sehingga di Indonesia di kenal sebagai penyakit Flu Singapura (HFMD). HFMD biasanya dapat menimpa bayi atau anak-anak yang belum memiliki sistem imunisasi yang kuat.

flu singapur

Berikut Gejala – Gejala Flu Singapura

Gejala Flu Singapura akan muncul di kulit seperti lenting – lenting yang berisi air dan kemudian luka-luka di sekitar mulut (mukosa) hingga telapak tangan dan kaki. Namun bintil – bintil yang muncul bisa jadi di bagian siku tangan, lutut, lipatan paha hingga di bagian bokong anak – anak. Selain itu tenggorokan anak biasanya akan mulai sakit dan di ikuti dengan demam. Sushu demam akan mencapai 38 – 39 Co. Sehingga menyebabkan nafsu makan anak juga ikut berkurang.

Nah setelah dua hari itu bintik-bintik merahnya akan mulai berkembang, hingga sampai melepuh di bagian – bagian tertentu tersebut. Hingga dapat menyerang ke area kemaluan anak. Munculnya gejala – gejala tersebut memang secara bertahap. Dan terkadang anak yang terserang Flu Singapura tidak menampakkan gejala apapun pada awalnya. Namun tetap saja dapat menular virusnya pada orang lain, sehingga orang tua juga dapat terserang.

flu singapur

Mulanya Flu Singapur akan sembuh setelah 7 – 10 hari meskipun tanpa perawatan medis. Pada beberapa kasus Flu Singapura jarang terjadi, namun ada juga yang sampai mengalami komplikasi. Sehingga Flu Singapura dapat memicu gejala meningtis hingga bahkan sampai pada polio dan pembengkakan otak pada Anak. Sehingga hal ini akan berakibat fatal Bagi anak – anak.

Perbedaan Flu Singapura dengan cacat air yaitu pada ukuran lenitingnya lebih kecil jika di bandingkan dengan cacar air. Dan sesuai dengan namanya Flu Singapura hanya menyerang bagian – bagian tertentu, seperti mulut, telapak tangan dan kaki. Sedangkan cacar air akan menyerang ke sekujur tubuh dan badan Anak. Meskipun penyakit Flu Singapura tidak mematikan namun sama hal nya dengan cacar air, penyakit ini dapat menular kepada siapa saja.

flu singapur

Penyakit Flu Singapur kerap kali menular kepada orang – orang yang dekat dengan penderita. Penyebaran virus ini dapat melalui sekrasi hidung dan tenggorokan (air liur, dahak atau ingus). Serta dapat juga melalui cairan lepuhan dan feses (Tinja). Sehingga bagi para orang tua untuk lebih waspada di dalam menjaga kesehatan Anak. Semoga bermanfaat sahabat, baca juga Manfaat Minyak Kutus Kutus untuk Bayi jangan lupa di share ya ..terimakasih, welasasih, bakti.

Belajar menjadi penulis atau youtuber tidak perlu lama ..cukup 3 bulan sudah bisa mendapatkan penghasilan dari google ..atau buat teman teman pengelola online shop atau yang saat ini ingin mengembangkan usaha offline nya ..agar bisa bekerja dirumah dan hasilkan puluhan juta per bulan yuk kita baca Sekolah Bisnis Internet Marketing dan ayo bergabung di Komonitas Baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.