fbpx

Tensi Normal berdasarkan Usia!

Tensi Normal berdasarkan Usia. Tensi normal atau tekanan darah normal merupakan teakanan darah yang tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah angkanya. Sedangkan pengertian dari tekanan darah itu sendiri adalah ukuran dari seberapa kuat jantung Anda untuk memompa darah untuk seluruh tubuh. Oleh sebab itu berapa ukuran dari tekanan darah yang dapat di katakan normal? Berikut akan di bahas di bawah ini.

Tensi normal pada tubuh umumnya terjadi jika kondisi tubuh kita sedang sehat bugar. Biasanya tensi normal sesorang akan berkisar pada angka 120/80 mm Hg. Di mana 120 akan menunjukkan tingkat tekanan saat jantung memompa darah atau bisa juga di katakan angka sistolik. Sedangkan untuk angka 80 dapat di sebut diastolik (angka bawah tekanan darah). Diastolik dapat di artikan sebagai angka pada saat jantung sedang istirahat sebentar untuk memompa darah.

tensi normal

Mengetahui Tensi Normal Berdasarkan Pada Usia

Berdasarkan usia angka tensi normal biasanya akan terus meningkat sesuai dengan usia yang semakin bertambah selama hidupnya. Sehingga biasanya ketika masih usia anak-anak tidak akan mengalami masalah tekanan darah. Sehingga biasanya para dokter tidak akan mengukur tenakan darah pada anak secara rutin. Jika berdasarkan usia dewasa tensi normal akan berkisar di angka 120/80 mm Hg.

Sedangkan untuk usia bayi atau anak – anak pada umumnya tidak akan mengalami masalah pada tekanan darah. Namun di kecualikan untuk anak yang memang memiliki resiko penyakit ginjal ataupun diabetes. Menentukan tensi darah berdasarkan usia anak sedikit rumit, dan hal itu masih tergantung pada usia dan ukuran dari anak. Sehingga tidak memungkinkan untuk dokter mengambil tekanan darah. Dan ada beberapa anak yang di diagnosis memiliki hipertensi jika tekanan darahnya melebihi 90% dari batas normal untuk anak seusianya.

Maka berapa tensi normal untuk usia lanjut dan lansia (40 Tahun lebih hingga 60 Tahun Ke atas)? Tensi darah normal berdasarkan usisa 60 – 64 tahun yaitu berada di angka 134/87 mm Hg. Karena di usia yang semakin bertambah akan lebih membutuhkan darah sehingga memompa ke seluruh bagian dengan lebih kerasa lagi. sehingga kebanyakan untuk usia berlanjut tensi darah normal nya akan lebih tinggi di bandingkan dengan usia dewasa.

tensi normal

Tekanan darah tidak hanya akan menetap pada posisi yang sama saja, sehingga lebih baik Anda merasakan kondisi kesehatan dengan tujuan menjaganya. Perubahan dapat terjadi kapan saja bahkan ketika berada pada posisi sedang berbaring. Bahkan ketika posisi berbaring berjalan dll dapat saja mempengaruhi tensi normal tubuh. Sehingga meskipun tekanan darah Anda sedang pada angka normal Anda tidak boleh menyepelekan kesehatan Anda.

Jika tekanan sistolik menunjukkan angka normal namun diastolik tensi Anda tinggi misalkan 120/130 mm Hg. Sehingga dapat di katakan tensi darah Anda Prahipertensi. Sehingga hal ini juga merupakan kondisi yang tidak baik untuk Anda.  Prahipertensi merupakan kondisi yang dapat mengarah pada hipertensi. Sehingga kondisi ini juga berbahaya yang dapat menimbulkan suatu penyakit yang di sebut penyakit kronis untuk di kemudian hari. Sehingga membutuhkan Anda untuk mewaspadai dan menjaga tensi normal pada tubuh.

Nah itu tadi Tensi Normal berdasarkan Usia semoga bermanfaat ya sahabat. Baca juga Manfaat Minyak Kutus Kutus untuk Bayi jangan lupa di share ya ..terimakasih

Belajar menjadi penulis atau youtuber tidak perlu lama ..cukup 3 bulan sudah bisa mendapatkan penghasilan dari google ..atau buat teman teman pengelola online shop atau yang saat ini ingin mengembangkan usaha offline nya ..agar bisa bekerja dirumah dan hasilkan puluhan juta per bulan yuk kita baca Sekolah Bisnis Internet Marketing dan ayo bergabung di Komonitas Baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.